Pemrograman JavaScript

Halo sahabat codeman,Kali ini saya akan menjelaskan tentang pemrograman javascript sebelum itu saya akan menjelaskan javascript terlebih dahulu.

Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip yang berjalan pada suatu dokumen HTML.
Sepanjang sejarah internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengizinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user, yang artinya di sisi browser bukan di sisi server web.
Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich yang bekerja di Netscape pada tahun 1995.
Pada awalnya bahasa ini dinamakan “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, pengembangannya yang terkesan buru buru dan tidak ada pesan kesalahan yang di tampilkan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java” ) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “Javascript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.
Javascript bergantung kepada browser (navigator) yang memanggil dan menampilkan halaman web yang tidak hanya berisi HTML tapi juga dapat berisi skrip-skrip Javascript. Javascript juga tidak memerlukan penerjemah khusus untuk menjalankannya, karena sudah disediakan sendiri oleh browser yang digunakan. Lain halnya dengan bahasa“Java” yang memerlukan penerjemah khusus untuk menjalankannya di sisi user/klien. Berikut ini satu tabel yang berisi beberapa perbandingan mendasar antara Java dan Javascript.

Disini saya sudah membuat sebuah kodingan.Anda tinggal membuat ulang kodenya agar anda bisa.



atau


Hasil







Hasil :









Hasil :







Hasil :



Sekian saja dari saya semoga bermanfaat.jika ada kritik dan saran maka anda bisa tambahkan di kolom komentar.Sekian dan Terima Kasih


Salam CodeMan!1!1!














Pemrograman JavaScript Pemrograman JavaScript Reviewed by Iman Nurohman on September 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar